RSS

Statistik: Regresi Linier

28 Jan

Udah taukan mata kuliah yang paling banyak disegani atau dapat dikatakan sedikit peminatnya….yach anda benar itulah STATISTIK….namun kadang apabila ditekuni mata kuliah ini bisa menjadi hoby seseorang karena mengasyikkan juga, sedikit trik apabila kita ingin mengetahui secara cepat dan pasti untuk mengetahui hubungan korelasi x dan y dengan menggunakan korelasi Pearson.

trik ini mungkin sudah banyak diketahui, tapi yach tidak ada salahnya diposting itung-itung untuk ingetin diri sendiri jadi anggap aja disave di dunia maya, kalo lupa tinggal uka blog hehe. ok kita mulai. apabila kita menggunakan cara manual (cara ini yang paling bikin muyek,mumets,capek,habisin tinta pulpen,kertas de el el…) kita dituntut untuk mencari nilai x, y, x kuadrat, y kuadrat dst… namun dengan menggunakan kalkulator fx 3650P secara singkat bisa diketahui semua nilai tersebut sampai nilai r nya.

caranya …..

masukan nilai x dan y contoh :

x : 31;  27;  34;  36;  37;  34;  40;  47;  46.

y : 3.0;  2,4; 4,1; 3,6; 4,6; 5.0; 5,5; 6,6; 4,9.

tekan mode dua kali, pilih angka 2 (reg), pilih angka 1 (lin), lalu masukan data x dan y di atas, sebagai pemisah gunakan tanda “koma” (letaknya dibawah cos) pada kalkulator contoh 31 , 3.0 kemudian tekan M+ (apabila input benar di LCD kalkulator akan tampak n= ), selanjutnya input data sampai selesai…sampai nilai 46 , 4.9 kemudian M+ lagi.

nach apabila telah selesai kita bisa melihat nilai jumlah (sigma) x kuadrat, sigma x, nilai n, sigma y kuadrat, sigma y, dan sigma xy, caranya tekan shift 1 nach tinggal pilih dech apa yang mau dicari kalo yg dicari sigma x tekan aja 2 bru exe bereskan….

truss kalo mau mencari nilai rata-rata x, rata-rata y bahkan sampai nilai r tinggal tekan shift 2, dalam itungan detik (kecuali kalau telunjuk anda bengkak abis dientup tawon ga bisa dalam itungan detik…) akan muncul tools yang menuntun nilai apa yang akan anda cari, seperti kalo kita mo cari nilai r tekan dulu atau arahkan dulu cursor ke kanan trus pilih angka 3 bru exe, ketemu nilai r….mudahkan….

namun untuk kelasnya mahasiswa, di bangku kuliah masih banyak diterapkan cara-cara manual yang saya pikir banyak menghabiskan waktu tenaga dan pikiran (belum lagi cemilan juga cepet habis…) yang pada akhirnya pada penulisan skripsi tetap menggunakan software yang tersedia di compie…iya ga…??

menurut saya bolehlah mendalami statistik secara manual, tapi menurut hemat saya untuk kelasnya sarjana apalagi kelasnya pasca sarjana….wah kalo masih pake ngitung ketinggalan banget tuch….kenapa??? ya iya lah…seharusnya yang perlu diterapkan itu bagaimana caranya mahasiswa bisa paham menggunakan software analisis data, seperti SPSS, Mini Tab de el el.

emang mau diejek ama mahasiswa luar negeri yang udah pake kompie, seandainya ada lomba penelitian yang analisisnya pake statistik, kita itung manual bertaon taon blon kelar sedang mereka bisa atu atau dua hari selesai, nach…loe…yach mudahan ada pejabat dikti ato dosen statistik yg baca blog ini kaleee biar sistemnya bisa diubah….tapi jangan tersinggung yach pa dosen . just 4 sharing nech…..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 28, 2009 in Campus

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: