RSS

Agropolitan Cipanas – Pacet

28 Nov

Secara ga sengaja dapet telpon, diajak ke agropolitan di daerah puncak tepatnya daerah cipanas – Pacet, disitu ada wisata Agro, tempatnya lumayan bagus, cocok untuk praktek mahasiswa atau siswa-siswi SMU, plus sekalian wisata alam, btw apabila hendak pergi ketempat ini pake baju & jaket / selimut yang tebal, saya ga tahan dingin nya itu loh, brrr. udah disewain vila malah saya lebih memilih tidur di dalem mobil, coz lebih hangat di dalem mobil dari pada di villa brrrrrr.

Wisata Agropolitan merupakan tempat yang diimpikan banyak orang untuk suasana back to the nature. Suatu kawasan bernuansa pedesaan yang dikelilingi berbagai macam tanaman pangan. Agropolitan adalah proyek percontohan yang tengah dikembangkan Departemen Pertanian dengan maksud ingin mewujudkan suatu kota yang bernuansa pedesaan. Saat ini kawasan agropolitan yang terbilang sukses pelaksanaannya adalah di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Agropolitan ini sering dikunjungi pelancong dari negara asing seperti Jepang, Cina, Thailand yang ingin berguru mengenai kesuksesan agropolitan ini.

Selain itu dari kalangan mahasiswa yang akan mengadakan penelitian tentang tanaman pangan pun sering berkunjung ke tempat ini untuk bertukar pengalaman dengan para petani setempat. Di kawasan Agropolitan ini terdapat lebih dari 100 macam sayuran termasuk sayuran eksotis atau yang berasal dari luar negeri seperti gingseng, bitz, red redis, dan horinso. Semua ditanam di atas lahan 860 hektar, yang tiap hektarnya bisa menghasilkan 8-10 ton sayuran sekali produksi. Bukan itu saja, sayuran yang dihasilkan pun berkualitas nomor satu. Sayuran tadi dikemas untuk memenuhi pesanan supermarket yang ada di Bandung, Jakarta, Batam, dan Singapura. Selebihnya baru dijual di pasar-pasar tradisional.

Jika ingin menyaksikan langsung proses penanaman hingga panen, datang saja ke Wisata Agropolitan. Disini selain bisa menyaksikan aktivitas petani kita juga bisa menikmati pemandangan yang aduhai nan segar. Hamparan sayuran tampak di depan mata, suasananya pun begitu sejuk dan alami. Diujung jurang, terlihat air terjun yang indah dan hutan pinus yang rindang. Kita juga bisa menyaksikan beragam jenis sayuran yang ditanam dan melihat langsung aktivitas petani menanam dan memanen sayuran dengan cara berkeliling melewati jalan setapak yang berbukit-bukit.

Bila ingin mendapatkan pengalaman yang lebih seru, kita bisa turun langsung untuk ikut memanen sayuran atau menanam bibit baru. Tentunya ini merupakan pengalaman yang seru dan mengasyikkan. Untuk menuju ke Wisata Agropolitan, Anda bisa melalui jalan raya Puncak-Pacet arah ke Kota Cianjur, tepatnya di depan Hotel Indo Alam belok kanan lalu ikuti jalan tersebut sampai ketemu papan penunjuk arah ke Wisata Agropolitan. Bisa juga melalui Kebun Raya Cibodas, keluar lewat pintu yang menuju Cipanas.

Mengingat karena lokasi Wisata Agropolitan ini letaknya di puncak bukit dan di antara pegunungan, kendaraan yang bisa menuju ke sini hanya yang berukuran kecil saja, bagi yang menggunakan bus wisata tentunya tidak bisa langsung ke lokasi karena akses jalannya yang kecil, menanjak dan curam. Maka dari itu bila menggunakan kendaraan pribadi dihimbau untuk ekstra hati-hati.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada November 28, 2008 in Traveling

 

2 responses to “Agropolitan Cipanas – Pacet

  1. sulizhulizh

    Juni 8, 2011 at 5:59 am

    ka’ nanya dunk., kalo pkl atau magang disana sistemnya kaya gmana? thanks

     
    • succesary

      Juli 7, 2011 at 11:31 am

      langsung aja kesana, trus hub petani yang ada disitu, tanya ketua kel tani siapa namanya, mereka sering kok menangani pkl dsb. sori bru bls coz dah pindah ke blogspot

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: