RSS

Pemerintah Kaji TDL

12 Nov

listrikJAKARTA – Pemerintah tengah mengkaji kemungkinan pemberlakuan tarif dasar listrik (TDL) secara regional (per wilayah).

“Nantinya TDL sesuai biaya penyedia listrik di wilayah itu,” kata Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi Departemen ESDM J Purwono dalam hearing dengan DPD RI di Jakarta, Rabu (12/11).

Dia mengatakan peranan pemerintah daerah juga nantinya akan diberikan kewenangan besar menangani soal kelistrikan. “Peranan bupati/walikota misalnya diberi kewenangan ijin sendiri soal kelistrikan seperti untuk hotel dan sebagainya. Dulunya kan ijinnya harus dari pusat,” kata dia.

Untuk jangka panjang, Purwono mengatakan pemerintah akan menerbitkan rencana jangka panjang kelistrikan nasional yang tekhnisnya akan dijabarkan PT PLN. “Diantaranya apakah proyek kelistrikan nanti dikerjakan PLN atau swasta,” jelasnya.(kompas.com)

Dalam hal ini sudah tentu harapan masyarakat agar pemerintah tidak menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) karena saat ini beban masyarakat sudah cukup berat dengan kenaikan harga BBM yang sampai sekarang belum juga mengalami penurunan, padahal di Malaysia telah mengeluarkan kebijakan penurunan harga BBM sampai 3 kali. Apalagi pelayanan PLN masih sangat kurang, dengan banyaknya keluhan masyarakat khususnya di daerah-daerah kabupaten dan kota seperti Kalimantan Timur yang hampir tiap minggu mengalami pemadaman listrik.

Ironis memang, Kalimantan Timur yang terkenal dengan kandungan SDA seperti batu bara, minyak yang cukup berlimpah justru masih sering terjadi Pemadaman Listrik secara bergiliran.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 12, 2008 in uncatagori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: